KandangDesaku – Rabu, (15/11/2017) Tahapan Tes Praktek Bakal Calon perangkat Desa Kandang dilaksanakan.

Bertempat di Balai Desa Kandang 22 Peserta dinyatakan LULUS wawancara hadiri Undangan yang dibuat Panitia Pengangkatan.

Berbekal Laptop, masing masing peserta mempersiapkan diri untuk lakukan Tes Praktek. Tes yang diikuti oleh 22 peserta dari 23 peserta yang dinyatakan lulus wawancara ini memang tidak sesuai jumlah pada tahapan sebelumnya, pasalnya satu peserta dinyatakan gugur karena tidak hadir dalam tes tersebut.

semua peserta yang hadir, laksanakan tes praktek sesuai jadwal yang ditentukan. yaitu jam 09.00 wib, setelah sebelumnya dilakukan Brifing Panitia, tim penguji (nerasal dari luar Desa Kandang) dan peserta.

Tim Penguji yang berjumlah dua orang pastikan kepada peserta, bahwa tidak pernah Kenal sebelumnya , dan dengan jawaban yang kompak seluruh peserta membenarkan hal tersebut.

pada tahapan kali ini, nampak berbeda dari sebelumnya, karena praktek komputer dilaksanakan serentak dalam satu waktu yang bersamaan, hanya saja materi dan ruangan praktek yang berbeda yaitu :

Formasi Kaur TU dan Keuangan : Praktek Komputer (Word & Exel)

Formasi Kaur Perencanaan : Praktek Komputer (Word & Exel) serta Pidato

Sedangkan Formasi Kadus : Praktek Komputer (Word) dan Pidato.

Adapun untuk ruangan, Panitia membagi menjadi dua ruangan yaitu : Formasi Kaur TU & Kadus dalam Ruangan A serta Formasi Kaur Keuangan & Kaur Perencanaan dalam Ruangan B.

sesi pertama, Seluruh peserta praktek komputer microsoft Word dimulai jam 09.15 dengan durasi waktu pengerjaan 60 menit. selesai praktek semua peserta istirahat 15 menit.

sesi kedua, Peserta Formasi KAUR masuk keruangan kembali dengan materi berbeda yaitu microsoft exel. sedangkan Formasi Kadus tidak mengikuti sesi kedua. dan menunggu peserta formasi kaur selesai.

Pukul 12.00 peserta praktek sesi kedua selesai, dilanjutkan istirahat.

Pukul 13.00 peserta wajib sudah berada ditempat praktek untuk melanjutkan sesi ketiga, yaitu praktek Pidato.

Praktek pidato dengan durasi 10 menit, hanya diikuti oleh Peserta Formasi Kadus dan Kaur Perencanaan. masing masing peserta bebas memilih tema sesuai Tugas dari jabatan yang dipilih.

tanpa teks, satu per satu peserta maju menempati podium yg telah disediakan untuk melakukan pidato.

Sekitar pukul 15.00 sesi ketiga berakhir.

Panitia lakukan Pleno untuk menentukan Layak/Tidaknya peserta.

60 menit lebih pleno berlangsung, Panitia bersiap membagikan Amplop berisi hasil Kelayakan peserta.

Sambutan Kepala Desa dan Ketua BPD seperti tahapan sebelumnya kembali dilakukan, hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada permainan apapun dalam tahapan tes praktek.

tibalah saatnya pembagian amplop berisi hasil pleno panitia tentang Layak atau Tidaknya peserta untuk melanjutkan ke Tahapan akhir yaitu Tes tertulis.

berbeda sari sebelumnya, pengumuman kelayakan yang dibagikan panitia kepada peserta bersifat sangat Rahasia dan boleh dibuka ketika sudah sampai dirumah.

Hasil Layak/tidaknya (Lulus/Tidak Lulus) Bakal Calon perangkat Desa hanya Peserta yang tau.

22 Bakal Calon Perangkat dari semua Formasi, yang  telah mengikuti tes seleksi Praktek, dinyatakan Layak/Lulus  sebanyak 10 peserta serta 12 peserta dinyatakan Tidak Layak/Tidak Lulus.

Nama Bakal Calon belum bisa dirilis, karena menunggu konfirmasi dari Panitia Pengangkatan.

Nb : Yang berwenang memberikan informasi resmi terkait data/nama peserta LULUS/TIDAK adalah Panitia Pengangkatan Perangkat Desa Kandang.

tulisan ini dibuat sebagai bahan informasi jalanya tes praktek Komputer dan Pidato yang dilakukan oleh Panitia pengangkatan perangkat desa kepada Bakal Calon Peserta.

ditulis oleh : Admin Desa

Facebook Comments
Kategori: Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *