Wujudkan Desa Pintar, Kandang Ikuti Destika

KandangDesaku – Untuk menuju Desa Pintar, Desa Kandang mengikuti Event Nasional, Festival Desa Tekhnologi dan Informasi (FESTIVAL DESTIKA) tahun 2017 yang bertempat di Lapangan Turangga Seta Desa Pulosari Kec. Pulosari Kab. Pemalang.

Arena pacuan Kuda “Turangga Seta” Desa Pulosari Kecamatan Pulosari,  menjadi lokasi utama event bernuansa tekhnologi ini. Peserta yang berasal dari berbagai penjuru di Nusantara, nampak memenuhi lokasi kegiatan.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari pada, 21-23 November 2017 berisi berbagai Seminar dan Workshop tentang Tekhnologi.

Desa Kandang satu dari 211 Desa di Pemalang, ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dalam kesempatan ini, KPMD IT selaku Pemberdaya IT Desa mendapat tugas dari Pemerintah Desa Kandang untuk mengikuti beberapa Workshop yang diselenggarakan.

Workshop Pemanfaatan Jaringan Desa yang ditentukan Panitia menjadi sarana Belajar bagi Delegasi dari Desa Kandang. Peserta diajarkan bagaimana caranya memanfaatkan Jaringan Internet yang ada didesa dan telah terpasang di Kantor Balai Desa.

Melalui workshop ini, diharapkan kedepan Desa Kandang dapat memanfaatkan Tekhnologi Sebagai media yang bermanfaat, tidak hanya dalam dunia Informasi dan Data, namun dapat memanfaatkan Jaringan Internet yang telah terpasang di Desa Kandang.

Pemanfaatan Internet Desa yang dimaksud, seperti Program RT/RW.NET, Dimana setiap RT/RW Dapat berlangganan Layanan Internet Desa.

Melalui Program tersebut, nantinya Masyarakat tidak perlu membeli Kuota/Data dari Provider (operator sellular) untuk mengakses internet. Cukup mendaftarkan Diri kepada Pengelola Jaringan Desa.

Tekhnis sedang dikaji dengan beberapa Pakar IT ( Bidang Jaringan ) yang ada di Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (PUSPINDES).

Oleh : Rokhmat Jaelani (AdminDesa)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *